Pengaruh Aktivitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa di SMA Negeri 1 Remboken
Keywords:
Aktivitas Belajar, Ex-post Facto, Hasil Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar informatika siswa di SMA Negeri 1 Remboken. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kausal komparatif. Disebut Ex-post facto karena penelitian ini berkaitan dengan variable-variabel yang sudah terjadi sebelumnya, sehingga tidak diperlukan perlakuan langsung terhadap objek yang diteliti. Sementara itu, penelitian ini bersifat bersifat kausal komparatif karena bertujuan untuk menelusuri hubungan sebab akibat, dengan cara mengamati hasil yang telah terjadi dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya melalui data yang dikumpulkan. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara aktivitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar informatika siswa SMA N 1 Remboken terlihat dari hasil analisis regresi ganda dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung 127,117 > Ftabel 3,16, serta nilai koefisien (Rsquare) sebesar 0,731 yang berarti variabel aktivitas (X1) dan motivasi belajar (X2), memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 73,1%. Sehingga apabila aktivitas dan motivasi belajar meningkat, maka hasil belajar juga meningkat.
References
Arifin, A. (2023). Implementasi model pembelajaran pengajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK materi gerak spesifik permainan bola basket di kelas VII-G semester 1 SMPN 1 Bolo tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 69-82.
Fong, C. J., & Schallert, D. L. (2023). “Feedback to the future”: Advancing motivational and emotional perspectives in feedback research. Educational Psychologist, 58(3), 146-161.
Hadi, S., Sa'diyah, L., Yani, J., & Wulandari, A. M. (2025). Rekayasa Jean Piaget: Teori Perkembangan Kognitif dalam Konsepsi Anak di Usia Sekolah Dasar. Jurmal Pendidikan: Riset & Konseptual, 9(1), 158-168.
Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438-448.
Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282-287.
Putranto, A. D., & Efendi, Y. (2024). Pentingnya Kebugaran Jasmani untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh dalam Mengikuti Kegiatan Belajar dan Mengajar Di SMP Dharma Karya UT. SEMNASFIP.
Rachman, T. N. R. (2022). Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 29-43.
Ramalingam, K., & Jiar, Y. K. (2022). Influence of intrinsic and extrinsic motivation in learning among primary school students. Management, 23(1), 1889.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Shaby, N., Assaraf, O. B. Z., & Koch, N. P. (2024). Students’ interactions during laboratory group activity in a science museum. International Journal of Science and Mathematics Education, 22(4), 703-720.
Yang, S., & Wang, W. (2022). The role of academic resilience, motivational intensity and their relationship in EFL learners' academic achievement. Frontiers in Psychology, 12, 823537.


