Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tondano

Authors

  • Radit Sambili Universitas Negeri Manado Author
  • Hizkia Kamang Manggopa Universitas Negeri Manado Author
  • Alfrina Mewengkang Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, PTK, SMK, Topologi Jaringan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Topologi Jaringan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 peserta didik kelas XI TKJ. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL. Pada pretest, hanya 35% siswa yang mencapai ketuntasan. Setelah siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 52,94%, dan pada siklus II mencapai 82,35%. Penerapan model PBL terbukti dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam memahami konsep topologi jaringan. Dengan demikian, model PBL direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK, khususnya pada materi keahlian teknologi jaringan.

References

Allen R. H. (2021). Penerapan Model Berbasis Masalah : Theory, Practice, and Application. New York: Academic Press.

Clarisa, C. V. (2021). Tujuan Problem Based Learning. Skripsi, 9–27.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 09(02), 395–403.

Hidayati, I. N., Berliana, C. I., & Zaman, B. (2024). Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran PAI. Journal of Instructional and Development Researches, 4(6), 540-550.

Komariah, I., Mutakarikah, M., Widati, R., & Pribadi, R. A. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 138-147.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi ekosistem terhadap sikap dan hasil belajar siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1).

Nazir, M. (2012). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nirmala, M., Mega, A., & Timoteus, T. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301.

Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 113-119.

Yulivantina, E. V. (2022). Urgensi Preconception Care Sebagai Persiapan Kesehatan Sebelum Hamil: Sistematik Review. In Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (pp. 31-39).

Zulfadewina, Z., Roslaini, R., & Meilana, S. F. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 178-185.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Tondano. (2025). GuruNesia: Jurnal Inovasi Dan Transformasi Pendidikan Guru Nusantara, 1(1), 13-19. https://calamus.id/index.php/gurunesia/article/view/182