Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile untuk Siswa Kelas X TKJ
Keywords:
Adobe Animate CC 2024, Media Pembelajaran Interaktif, Mobile, Multimedia Development Life CycleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis mobile untuk peserta didik kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Tenga pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media ajar yang digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi siswa serta pemanfaatan smartphone yang belum optimal sebagai sarana belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri atas enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan (assembly), pengujian, dan distribusi. Proses pengembangan melibatkan penggunaan aplikasi Adobe Animate CC 2024 untuk menciptakan perangkat lunak pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat kelayakan yang sangat tinggi dari berbagai aspek. Berdasarkan validasi ahli media (dosen), diperoleh persentase kelayakan sebesar 93,68%, sedangkan dari validator materi (guru mata pelajaran) sebesar 95,29%. Selain itu, pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik pada perangkat Android versi 8 ke atas. Pengujian usability yang melibatkan 23 peserta didik kelas X TKJ menghasilkan tingkat kelayakan sebesar 94,4%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Perangkat lunak ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi, sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi ponsel pintar dalam ranah pendidikan.
References
Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SMP. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 65-76.
Fitri, A., Ulfah, H., & Aswita, S. (2024). Kurangnya Sarana Dan Prasarana Menghambat Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(2), 507-515.
Igirisa, H., Olii, D., & Rianto, I. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Learning Management System (LMS) Berbasis Web di SMK Negeri 1 Pusomaen. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(2), 152-164.
Passa, C. I., Palilingan, V. R., & Parinsi, M. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Romboken. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(4), 436-448.
Rachman, T. N. R. (2022). Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 29-43.
Rahayu, E. S., Okra, R., Musril, H. A., & Derta, S. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Adobe Animate di MTsN 2 Agam. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1065-1076.
Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., & Sujana, A. P. (2022). Multimedia development life cycle (MDLC). Teknologi Dan Informasi, Multimedia, 7.
Ulya, N. R., Widari, A. R. A., & Fadila, A. A. (2025). Peran Sarana dan Prasarana dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Efektif. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 98-105.
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.
Wowor, C. E. P., Rianto, I., & Kaparang, D. R. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Informatika di SMA Berbasis Video Interaktif. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(3), 542-554.


