Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tompaso Baru

Authors

  • Richard R. Tumenggung Universitas Negeri Manado Author
  • Alfrina Mewengkang Universitas Negeri Manado Author
  • Kebri Kein Moudy Pajung Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Hasil Belajar, Informatika, Pembelajaran Berbasis Proyek, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar mata pelajaran Informatika siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tompaso Baru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan minimnya partisipasi aktif siswa akibat pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian berjumlah 121 siswa kelas X, dengan sampel dua kelas yaitu kelas X Multimedia sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 21 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 26 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 77,28. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,038 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Informatika siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tompaso Baru.

References

Angkat, S. A., Wardhani, S., & Syahrial, S. (2024). Konsep Penilaian Autentik dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 13-13.

Assulamy, H., Disma, D. R. I., Sulistiyaningrum, F., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2024). Mata Pelajaran Informatika Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Kesetaraan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4301-4308.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa sma. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 6.

Hutagalung, R., Pardosi, V., Simbolon, E., Tambunan, M. O., & Situmorang, C. F. (2025, August). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital. In Seminar Nasional Pendidikan Sarjanawiyata Tamansiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 351-360).

Mulyana, A. (2020). Pengertian Dan Sintaks Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP). JELAJAH INFORMASI.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Rahmah, S., Soviana, E., & Fitriyana, F. (2025). Peran Teknologi Di Dunia Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 409-418.

Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.

Uska, M. Z., Wirasasmita, R. H., Kholisho, Y. N., & Sakinah, N. W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Interaktif Berbasis Android Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 428-435.

Yanti, S. N., Sesmiarni, Z., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3 Di Mtsn 6 Agam. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 687-692.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tompaso Baru. (2025). GuruNesia: Jurnal Inovasi Dan Transformasi Pendidikan Guru Nusantara, 1(1), 33-45. https://calamus.id/index.php/gurunesia/article/view/184