Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika di SMKS Kristen 2 Tomohon

Authors

  • Gabriela Ester Naray Universitas Negeri Manado Author
  • Wensi Ronald Lesli Paat Universitas Negeri Manado Author

Keywords:

Informatika, MDLC, Pembelajaran Interaktif, Pengembangan Media, Smart Apps Creator

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis seluler untuk mata pelajaran Informatika kelas X di SMKS Kristen 2 Tomohon. Pengembangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan selaras dengan karakteristik siswa pada era digital, mengingat masih banyaknya penggunaan metode pembelajaran konvensional dan minimnya pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Metode yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Media yang dibuat adalah aplikasi interaktif berbasis Android yang menggunakan Smart Apps Creator 3, yang berisi materi sistem komputer, video, gambar, kuis, serta fitur interaktif lainnya. Hasil verifikasi oleh ahli media mendapatkan skor kelayakan 93,3%, sedangkan validasi oleh ahli materi mencapai 92%, keduanya berada dalam kategori “sangat layak”. Uji coba pada siswa menunjukkan bahwa media memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dan dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi dalam belajar. Dengan begitu, media pembelajaran ini dianggap sesuai dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran Informatika.

References

Ernawati, S. (2024). Kreativitas Guru Dalam Mensukseskan Kurikulum Merdeka. Komprehensif, 2(2), 254-261.

Faiza, N. N., & Wardhani, I. S. (2024). Media Pembelajaran Abad 21: Membangun Generasi Digital Yang Adaptif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Ismaya, P., Aisyah, A., Sibuea, J. M., & Marini, A. (2024). Mengoptimalkan Manajemen Pendidikan SD yang Efektif dengan Teknologi dan Standar Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11-11.

Kusnanto, K., Noviyanti, N., Gudiato, C., & Usman, U. (2024). Transformasi Sosial-Ekonomi di Masyarakat Pedalaman: Integrasi Teknologi dan Ketahanan Pendidikan Menengah Kebawah. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 10(2), 192-202.

Najjar, S., & Oktasari, H. (2023). Embracing Mobile Learning In Education: Membuka Keuntungan, Menghadapi Tantangan, dan Menjelajahi Prospek Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan (Vol. 1, No. 1, pp. 74-83).

Nuryana, M. L., Ibrahim, T., & Arifudin, O. (2024). Implementasi dan transformasi sistem informasi manajemen di era digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325-1337.

Pratasik, S., & Ahyar, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Informatika MTS. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(3), 359–373. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5282.

Pratiwi, A., Azhura, F., Husna, M., Hilda, M., & Azhari, S. (2023). Evaluasi Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Konteks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(2), 53-59.

Svari, N. M. F. D., & Arlinayanti, K. D. (2024). Perubahan paradigma pendidikan melalui pemanfaatan teknologi di era global. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 50-63.

Tirsa, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan Tik Di Sma Pelita Ngabang (Doctoral dissertation, Ikip Pgri Pontianak).

Wahyuningtias, D., & Muzni, N. (2024). Strategi Mobile Journalism dalam Meningkatkan Kinerja Peliputan Wartawan (Studi pada Media TribunBengkulu. com). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(2), 1090-1096.

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.

Wisudojati, B., Iswadi, M. K., Aminullah, A. M., & Laelatunnufus, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi Berpikir Kritis Pada Pada Siswa Sekolah Menengah Melalui Integrasi Tekhnologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1815-1821.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika di SMKS Kristen 2 Tomohon. (2025). GuruNesia: Jurnal Inovasi Dan Transformasi Pendidikan Guru Nusantara, 1(1), 46-57. https://calamus.id/index.php/gurunesia/article/view/185